SELAMAT DATANG PENGUNJUNG DI BLOG INI ADA ARTIKEL YANG BERMANFAAT DAN BERGUNA UNTUK ANDA SELAIN ITU ADA TV STREAMINGNYA AGAR PENGUNJUNG DAPAT MENIKMATI ADANYA SEBUAH ITU...

ITS


Sarjana Informatika (S1)




Pada program Sarjana (S1), mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun). Akan tetapi, mahasiswa dimungkinkan dapat lulus lebih cepat dengan mengikuti mata kuliah melebihi beban standar yang ada sesuai dengan kapasitas masing-masing mahasiswa pada tiap semester.
Pada semester ke-6, mahasiswa dapat mengikuti mata kuliah pilihan sesuai dengan bidang minat yang diinginkan. Mata kuliah pilihan dapat berasal dari satu kelompok bidang minat saja untuk lebih memperdalam pengetahuan mahasiswa dalam bidang tertentu, atau dapat berasal dari kelompok bidang minat yang berbeda untuk memperluas wawasan yang diperoleh.
Kurikulum untuk program pendidikan S1 yang sekarang digunakan di Jurusan Teknik informatika merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akedemik 2009/2010 hingga tahun akademik 2013/2014. Dalam kurikulum ini, total Satuan Kredit Semester (SKS) normal yang harus ditempuh oleh mahasiswa adalah 144 SKS. Beban perkuliahan sebesar 144 SKS ini dapat diselesaikan selama delapan semester. Kurikulum ini disusun dengan mengacu pada Peraturan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Nomor 2692/12/PP/2008 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Institut Teknologi Sepuluh Nopember Tahun 2009-2014. Total 144 SKS tersebut dikelompokkan menjadi 2 kelompok mata kuliah, yaitu:
Mata Kuliah Wajib : 110 SKS (76.4%)
Mata Kuliah Bidang Keahlian : 34 SKS (23.6%)
Jurusan Teknik Informatika menawarkan tiga bidang keahlian, yaitu Komputasi Cerdas dan Visualisasi, Komputasi Berbasis Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak. Penyediaan ketiga bidang minat ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman maupun keterampilan yang lebih spesifik sesuai dengan bidang minat yang diinginkannya. Pemilihan Bidang Keahlian ini dapat dilakukan pada saat mahasiswa memasuki semester 6. Adapun ciri-ciri utama dari ketiga bidang minat tersebut dapat dijabarkan seperti berikut:
  •  Bidang Keahlian Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV)
Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan lulusan dalam memanipulasi dan menganalisis data citra pada berbagai bidang aplikasi (a.l. biomedika, industri), kemampuan menerapkan  metode sistem cerdas pada berbagai bidang aplikasi dan kemampuan memodelkan  dan mengoptimasikan sistem nyata. Mahasiswa yang memilih bidang keahlian ini diwajibkan (minimal) mengambil 6 mata kuliah bidang keahlian KCV, antara lain: Analisis Data Multivariat, Data Mining, Kecerdasan Komputasional, Simulasi Sistem Diskrit, Data Warehousing, Pengolahan Citra Digital, Simulasi dan Game Komputer, Sistem Temu Kembali Informasi, Visi Komputer, Optimasi Nonlinear, Pemrograman Robot, Topik Khusus Komputasi Cerdas dan Visualisasi.
  •  Bidang Keahlian Komputasi Berbasis Jaringan/Net Centric Computing (NCC).
Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam membangun   infrastruktur jaringan yang aman, kemampuan membangun   sistem grid,  Kemampuan membangun   aplikasi jaringan sesuai Standard dan Kemampuan membangun aplikasi multimedia berbasis jaringan.  Mahasiswa yang memilih bidang minat ini diwajibkan (minimal)  mengambil 6 mata kuliah bidang NCC, antara lain: Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak, Sekuritas Jaringan, Sistem Terdistribusi, Teknologi antar Jaringan, Jaringan Multimedia, Komputasi Grid, Perancangan dan Manajemen Jaringan, Teknik Kompresi, Topik Khusus Komputasi Berbasis Jaringan.
  • Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam melakukan pengujian perangkat lunak, Kemampuan mengelola   proyek perangkat lunak,  Kemampuan mengurangi resiko kesalahan perangkat lunak, dan  Kemampuan membuat  perangkat lunak game. Mahasiswa yang memilih bidang keahlian ini diwajibkan (minimal) mengambil 6 mata kuliah bidang RPL, antara lain: Animasi Komputer, Audit Tata Kelola TI, Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak, Evolusi Perangkat Lunak, Pembuatan Game, Pola dan Arsitektur Perangkat Lunak, Topik Khusus Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Perangkat Mobile dan Realitas Virtual.
Dalam kurikulum 2009-2014 ini, kegiatan perkuliahan untuk membekali mahasiwa dengan pemahaman konsep pengetahuan/teknologi dan kegiatan praktikum untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan praktis (ketrampilan), dimana kedua kegiatan tersebut diberikan dalam satu mata kuliah dengan bobot 3-4 sks, sehingga tidak dilakukan pemisahan antara mata kuliah dengan mata praktikum.  Kegiatan perkuliahan dapat berlangsung di kelas maupun di laboratorium.
Pengalaman praktis lainnya yang juga wajib diikuti oleh mahasiswa adalah Kerja Praktek di industri selama dua bulan (dengan beban 2 SKS) guna memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas wawasannya mengenai aplikasi dari berbagai teori yang telah diperoleh dalam perkuliahan. Sebagai akhir dari proses pendidikan untuk program studi S1, mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan Tugas Akhir (dengan bobot 5 SKS) yang ditujukan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah yang berkaitan dengan penyelesaian terhadap suatu pokok permasalahan sesuai dengan bidang keahlian yang telah dipilihnya. Tugas akhir ini bersifat komprehensif, ditulis sesuai dengan norma-norma ilmiah dan harus dipertanggungjawabkan baik dalam forum seminar tugas akhir yang bersifat umum dan terbuka maupun ujian lisan yang bersifat tertutup di depan tim penguji.
Kompetensi Lulusan Program Sarjana (S1):
  • Kompetensi Utama:
    1. Memahami dan menguasai prinsip dasar bidang informatika.
    2. Menguasai dasar konsep dan keahlian pemrograman komputer.
    3. Mampu merancang dan mengimplementasikan sistem serta mengintegrasikan hardware dan software.
    4. Mempunyai keahlian komunikasi interpersonal, teamwork serta manajerial.
    5. Mampu mendayagunakan, mengevaluasi dan mengidentifikasi pengembangan sistem berbasiskan komputer.
    6. Mempunyai keahlian tertentu di topik-topik lanjut komputing.
    7. Mampu menunjukan sikap yang menghargai, melindungi dan meningkatkan etika professional.
    8. Mempunyai keahlian meneliti sesuai dengan metodologi penelitian.
  • Kompetensi Pendukung:
    1. Kemampuan menuangkan pemikiran dalam lisan dan tulisan dengan baik.
    2. Sikap technopreneur.
    3. Kemampuan berbahasa asing baik lisan maupun tulisan.
  •  Kompetensi Lainnya:
    • Berintegritas tinggi, bermoral, serta berwawasan lingkungan dan bahari.




    Labotarium Informatika




    Jurusan Teknik Informatika memiliki beberapa laboratorium dan workshop antara lain sebagai berikut:
    Laboratorium Pemrograman
    Di laboratorium ini diselenggarakan praktikum Pemrograman Terstruktur, Algoritma dan Struktur Data, serta Basis Data. Workshop ini juga berfungsi sebagai common support bagi kebutuhan penggunaan komputer. Mahasiswa dapat menggunakan komputer yang ada untuk mengerjakan tugas dan akses internet sesuai aturan yang telah ditetapkan.
    Fasilitas3 server dan 75 PC workstation
    Sistem OperasiWindows server 2003 dan Windows XP
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Hummingbird Exceed (X windows emulator), My SQL, SQL Server dan Oracle DBMS
    Aktifitas- Praktikum Pemrograman Terstruktur
    - Praktikum Struktur Data
    - Praktikum Basis Data
    - Pekerjaan tugas mata kuliah, untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
    Laboratorium Arsitektur dan Jaringan Komputer (AJK)

    Pada laboratorium ini diselenggarakan praktikum Sistem Digital, Sistem Operasi, serta Jaringan Komputer.
    Fasilitas3 server dan 40 PC workstation
    Sistem OperasiWindows server 2003 dan Windows XP, Solaris dan Linux
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Java, Matlab, SQL Server dan Oracle DBMS
    Aktivitas- Praktikum Sistem Digital
    - Praktikum Sistem Operasi
    - Praktikum Jaringan Komputer
    - Pekerjaan tugas mata kuliah, tugas akhir, penelitian dalam bidang desain dan manajemen jaringan, Jaringan Nirkabel & Komputasi Bergerak, dan untuk kegiatan penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
    Laboratorium Komputasi Berbasis Jaringan (NCC)

    Laboratorium ini juga sebagai laboratorium bidang minat Komputasi Berbasis Jaringan. Sehingga, semua aktivitas penelitian dan pembuatan Tugas Akhir yang terkait dengan bidang tersebut dilaksanakan di laboratorium ini.
    Fasilitas3 server dan 20 PC workstation
    Sistem OperasiWindows server 2003, Windows XP, Solaris dan Linux
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Java Netbean, Matlab, ArcInfo & ArcView, Image Gear, SQL Server 2005 dan Oracle DBMS.
    AktivitasUntuk kegiatan penelitian dalam bidang Sistem Terdistribusi, Teknologi antar Jaringan, Jaringan Multimedia, Komputasi Grid, dan Teknik Kompresi.
    Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

    Laboratorium ini berfungsi sebagai laboratorium riset untuk bidang minat Rekayasa Perangkat Lunak. Sehingga semua aktifitas penelitian dan pembuatan Tugas Akhir yang terkait dengan bidang tersebut dilaksankan di laboratorium ini.
    Fasilitas3 server dan 24 PC workstation
    Sistem OperasiWindows server 2003 dan Windows XP dan Linux
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Java, Matlab, Xpert Rule, , SQL Server 2005 dan Oracle DBMS
    AktivitasUntuk kegiatan penelitian dalam bidang Animasi Komputer, Audit Perangkat Lunak, Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak, Evolusi Perangkat Lunak Pembuatan Game, Pemrograman Perangkat Mobile dan Realitas Virtual.
    Laboratorium Sistem Cerdas

    Laboratorium ini berfungsi sebagai laboratorium riset untuk bidang minat Komputasi Cerdas dan Visualisasi. Sehingga semua aktifitas penelitian dan pembuatan Tugas Akhir yang terkait dengan bidang tersebut dilaksanakan di laboratorium ini.
    Fasilitas2 server dan 20 PC workstation
    Sistem OperasiWindows server 2003 dan Windows XP
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Java Netbean, Matlab, Xpert Rule, My SQL, SQL Server 2005 dan Oracle 10g DBMS
    AktivitasKegiatan penelitian dalam bidang Sistem Temu Kembali Informasi, Pengenalan Pola, Data Mining, Data Warehousing, Kecerdasan Komputasional, Simulasi, Optimasi.
    Workshop Pasca Sarjana
    Workshop ini digunakan untuk pengembangan aktivitas penelitian mahasiswa yang bersifat umum. Untuk aktivitas khusus diarahkan masuk ke dalam laboratorium pada masing-masing bidang minat terkait.
    Fasilitas 2 server, 12 PC workstation
    Sistem OperasiWindows server 2003, Windows XP dan Linux
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Java Netbean, Matlab, Eclipse, Rational Rose, System Architect, SQL Server 2005, Oracle 10g DBMS
    Aktivitas Untuk kegiatan penelitian dalam bidang RPL, NCC dan KCV
    Laboratorium Vision, Image Processing and Graphic (VIPG)
    Pada laboratorium ini difokuskan pada bidang minat pengolahan citra dan visi komputer. Citra yang diolah tidak hanya citra biasa pada umumnya tetapi juga citra medis.
    Fasilitas 1 server dan 8 PC workstation, Printer LaserJet dan LCD Proyektor
    Sistem OperasiWindows server 2003 dan Windows XP
    AplikasiMicrosoft Office, Visio, Visual Studio.Net, Java, Matlab, Xpert Rule, , SQL Server 2005 dan Oracle DBMS
    Aktivitas Untuk kegiatan penelitian dalam bidang Visi Komputer dan Pengolahan Citra Digit


  •  Tentang Falkultas Tegnologi
     Informasi Dari ITS



    • Fakultas Teknologi Informasi

        Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS Merupakan satu satunya fakultas di ITS yang mempunyai bidang keahlian Teknik Informatika dan Sistem Informasi, didirikan sebagai respon terhadap kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan dalam bidang teknologi informasi di tanah air,  khususnya kawasan Indonesia bagian timur. Sejarah berdirinya FTIf dimulai sejak didirikannya Jurusan Teknik Komputer (1985) yang kemudian berubah nama menjadi Jurusan Teknik Informatika dan dilanjutkan dengan didirikannya Jurusan Sistem Informasi (2001). Berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi, baik Jurusan Teknik Informatika maupun Jurusan Sistem Informasi berhasil memperoleh Akreditasi A yang berlaku hingga 2016.

    Jurusan

    Bidang Keahlian

    S1 Teknik Informatika
    • Komputasi Cerdas & Visualisasi
    • Komputasi Berbasis Jaringan
    • Rekayasa Perangkat Lunak
    S1 Sistem Informasi
    • E-Business
    • Sistem Pendukung Keputusan
    • Perencanaan & Pengembangan SI

    Laboratorium Penelitian

  • - Rekayasa Perangkat Lunak
  • - Net-Centric Computing
  • - Intelligent System
  • - Computer Vision, Image
  • - Processing, and Graphics
  • - Rekayasa Sistem Berbasis Pengetahuan
  • - Simulation and Optimization
  • - E-Business
  • - Sistem Pendukung Keputusan
  • - Perencanaan & Pengembangan SI